Elmayeni, Susi (2011) Peningkatan Logika Matematika Anak Usia Dini melalui Permainan Balok Ukur di TK Kasih Ibu Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_SUSI_ELMAYENI_10137_19_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_SUSI_ELMAYENI_10137_19_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_SUSI_ELMAYENI_10137_19_2012.pdf
Download (331kB)
Abstract
Kemampuan logika matematika anak di TK Kasih Ibu masih rendah dankurangnya penggunaan media yang bervariasi. Tujuan penelitian tindakan kelasini adalah untuk meningkatkan kemampuan logika matematika anak melaluipermainan balok ukur di TK Kasih Ibu Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitianyang meningkatkan mutu pembelajaran. Data penelitian ini diperoleh melaluiobservasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan alam dua siklus.Hasil setiap siklus telah menggambarkan adanya peningkatan logika matematikaanak dari siklus I ke siklus II.Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwaupaya peningkatan logika matematika anak melalui permainan balok ukurmeningkat. Sebelum tindakan kemampuan logika matematika anak di TK KasihIbu masih rendah, setelah tindakan mengalami peningkatan yang tinggi. Jadipenelitian ini berhasil meningkatkan kemampuan logika matematika anak di TKKasih Ibu Kota Sawahlunto.Dengan berhasilnya penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa salahsatu cara untuk meningkatkan logika matematika pada anak usia dini dapatdilakukan melalui permainan balok ukur.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MATEMATIKA ANAK USIA DINI, PERMAINAN BALOK UKUR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 00:40 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 00:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23561 |