Hilda, Hilda (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Mengail Huruf di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 14 Padang Panjang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_HILDA_08385_356_2012.pdf [thumbnail of final_B1_9_HILDA_08385_356_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_HILDA_08385_356_2012.pdf
Download (163kB)
Abstract
Pembelajaran membaca merupakan pembelajaran yang sulit bagi anak, terutama dalam membaca sebuah kata. Apalagi pembelajaran dilaksanakan dengan tidak bervariasi. Dalam permainan ini anak dituntut untuk bisa membaca kata, suku kata dan huruf yang terdapat dalam kata tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan mangail huruf di TK Bhayangkari 14 Padang Panjang pada kelompok B2 dalam proses pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian murid TK Bhayangkari 14 Padang Panjang pada kelompok B2. Dengan jumlah murid 10 orang laki-laki dan 7 orang perempuan pada tahun ajaran 2011 2012. Data dikumpulkan dengan obsrvasi dan wawancara serta dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan persentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisa maka rencana siklus II direvisi kembali dan siklus II kemampuan membaca anak meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan mengail dalam pembelajaran dapat meningkat kemampuan anak dalam membaca di TK Bhayangkari 14 Padang Panjang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan membaca, permainan mengail huruf, anak usia dini, TK Bhayangkari |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 08:52 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 08:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23550 |