Sari, Yeni Rahmita (2018) Faktor Penentu Permintaan Sektor Industri Pariwisata di Provinsi Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_YENI_RAHMITA_SARI_11203556_2305_2018.pdf [thumbnail of final_B1_09_YENI_RAHMITA_SARI_11203556_2305_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_YENI_RAHMITA_SARI_11203556_2305_2018.pdf
Download (659kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh sektor akomodasi terhadap permintaan industri pariwisata di Provinsi Sumatera Barat. (2) pengaruh sektor usaha perjalanan terhadap permintaan
industri pariwisata di Provinsi Sumatera Barat. (3) pengaruh toko souvenir terhadap permintaan industri pariwisata di Provinsi Sumatera Barat. (4) pengaruh sektor akomodasi, sektor usaha perjalanan dan toko souvenir
terhadap permintaan industri pariwisata di Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Jenis data adalah
data sekunder. Penelitian ini mwnggunakan data time series yaitu menggunakan 31 tahun di Provinsi Sumatera Barat. Analisis deskriptif dalam penelitian ini terdiri dari; (1) Rata-Rata (2) Standar Deviasi (3)
koefisien Variasi. Analisis induktif dalam penelitian ini mencangkup; (1) Uji asumsi klasik (2) Analisis model regresi (3) Koefisien determinan (R)(4) Uji t Uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Sektor akomodasi
berpengaruh negatif dan tidak singnifikan terhadap permintaan industri pariwisata di Provinsi Sumatera Barat (α=0,4067). (2) Sektor usaha perjalanan berpengaruh positif dan singnifikan terhadap permintaan industri
pariwisata di Provinsi Sumatera Barat (α=0,0102). (3) Toko souvenir berpengaruh negatif dan singnifikan terhadap permintaan industri pariwisata di Provinsi Sumatera Barat (α=0,0417). (4) Sektor akomodasi, sektor usaha
perjalanan, dan toko souvenir secara bersama-sama berpengaruh terhadap permintaan industri pariwisata di Provinsi Sumatera Barat (α=0,0369).
Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyatakan kepada pemerintah meningkatkan promosi objek-objek wisata, juga harus menonjolkan keunggulan kondisi alam yang dimiliki untuk menarik wisatawan,mengefektifkan kembali organisasi yang bergerak dalam bidang pengembangan sektor akomodasi, biro perjalanan, toko souvenir, dan menjaga kenyamanan dan keamanan dalam bentuk harga dalam penjualan
cindramata (toko souvenir).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 08:32 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 08:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23544 |