Makruf, Yazid Amal (2018) Pengaruh Penggunaa Tipe Busi Platinum dan Iridium Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Spesifik pada Honda Supra x 125cc. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_YAZID_AMAL_MAKRUF_1102491_4548_2018.pdf [thumbnail of final_B1_09_YAZID_AMAL_MAKRUF_1102491_4548_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_YAZID_AMAL_MAKRUF_1102491_4548_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat di bidang produksi berdampak pada peningkatan minat masyarakat untuk mendapatkan performa mesin terbaik dan pemakaian bahan bakar yang irit pada kendaraannya khususnya motor
pribadi.Peningkatan unjuk kerja tersebut dapat terwujud melalui proses modifikasi. Performa mesin standar yang dirasa kurang maksimal membuat sebagian besar masyarakat memutuskan untuk mengaplikasikan produk-produk
aftermarket untuk meningkatkan performa mesin. Di dunia otomotif untuk meningkatkan unjuk kerja mesin bisa dilakukan dengan memaksimalkan kinerja dari sistem pengapian dengan menggunakan busi Platinum Dan iridium agar
pembakaran lebih sempurna. Pembakaran yang sempurna akan menyebabkan performa mesin meningkat, oleh karena itu penggunaan Busi platinum dan Busi iridium sebagai komponen yang bertugas memercikan api diharapkan mampu
meningkatkan daya secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan
eksperimen.Pengujian dilakukan pada putaran 3000, 4000, dan 5000 RPM,pengambilan data dilakukan sebanyak 3 kali dari masing-masing putaran. Yang mana pengujian dimulai menggunakan Busi standar kemudian dilanjutkan dengan
menggunakan Busi Platinum Dan Iridium.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan menggunakan uji t, hasil t test (t hitung) dibandingkan dengan t tabel pada taraf signifikan 5% (0.05).
diperoleh harga t test (t hitung) lebih kecil dari nilai t table 2,920, maka didapatkan rata-rata dari masing-masing pemakaian bahan bakar spesifik dari penggunaan Busi Platinum dibandingkan dengan Busi standar pada putaran mesin
3000 RPM rata-ratanya -66,98288(tidak signifikan) sedangkan untuk putaran 4000 RPM rata-ratanya -5,69621 (tidak signifikan) dan untuk putaran 5000 RPM rata-ratanya -139,51596 (tidak signifikan). Busi Iridium dibandingkan dengan Busi standar pada putaran mesin 3000 RPM rata-ratanya -11,51817(tidak signifikan) sedangkan untuk putaran 4000 RPM rata-ratanya -4842146 (tidak signifikan) dan untuk putaran 5000 RPM rata-ratanya -240,2834 (tidak signifikan).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 08:32 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 08:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23543 |