Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN21 Kinali Pasaman Barat

Supriyatmi, Eka (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN21 Kinali Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_EKA_SUPRIYATMI_93623_3249_2015.pdf] Text
final_B1_6_EKA_SUPRIYATMI_93623_3249_2015.pdf

Download (744kB)

Abstract

Kondisi pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) khususnya Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn) pada saat ini masih banyak menggunakan metode belajar
konvensional (metode Ceramah). Pada pembelajaran, siswa hanya menjadi objek,
sehingga kurang mendorong potensi yang dimiliki siswa untuk berkembang.
Pembelajaran PKn dengan penggunaan pendekatan kooperatif tipe think pair
share di kelas V SD sangat baik untuk diterapkan. Hal tersebut bertujuan agar
siswa mampubekerjasama, mempunyai sikap menghargai orang lain, kreatif,
belajar memecahkan suatu masalah tertentu serta mampu bergaul dalam
lingkungan kelompok maupun kehidupan sosial.
Berdasarkan pengalaman yang penulis alami bahwa kemampuan siswa
dalam bekerjasama di kelas V SD Negeri 21 Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten
Pasaman
Barat
masih
rendah,
penyebabnya adalah kurang
bervariasinyapenggunakan pendekatan-pendekatan dalam pembelajaran PKn.
Atas dasar tersebut maka penulis mengadakan penelitian pada bidang studi PKn
dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe think pair share.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan
siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe think
pair share. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil berupa nilai yang
didapat siswa, yaitu nilai pada siklus I berdasarkan dari penilaian hasil dengan
rata-rata adalah 66,63. Sedangkan nilai pada pelaksanaan pembelajaran pada
siklus II mengalami peningkatan yaitu 81,40. Pada tahap perencanaan
pembelajaran, kemampuan guru merancang perencanaan pembelajaran semakin
meningkat. Hal ini tercermin dari (1) rencana pembelajaran telah mencakup hal
hal yang menjadi dasar penyusunan perencanaan, (2) rencana pembelajaran
disusun berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dengan memperhatikan
minat dan kebutuhan siswa, (3) rencana pembelajaran telah memuat tugas-tugas
pembelajaran secara jelas dan rinci yang mendukung pencapain tujuan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:31
Last Modified: 04 Sep 2025 08:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23530

Actions (login required)

View Item
View Item