Suminarti, Suminarti (2012) Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Anak melalui Metode Sosiodrama di Kelompok B TK Permata Bunda Jorong Gantiang Kecamatan Ampek Nagari. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_SUMINARTI_57390_4683_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_SUMINARTI_57390_4683_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_SUMINARTI_57390_4683_2012.pdf
Download (394kB)
Abstract
Perkembangan bahasa merupakan salah satu aspek dari tahapanperkembangan bahasa anak yang seharusnya tidak luput dari perhatian guru,dimana anak diharapkan dapat menguasai komponen-komponen bahasa seperti:menyimak, berbicara, membaca. Berdasarkan komponen-komponen bahasa yangada salah satunya adalah berbicara, dengan menggunakan teknikmetodesosiodrama. Adapun permasalahan yang muncul bagi anak adalah: anakkurang percaya diri untuk tampil didepan kelas, media yang kurang menarik bagianak, kurangnya perbendaharaan kata anak pada saat berkomunikasi. Yangmenjadi permasalahan bagi guru dalam pembelajaran bahasa, khususnya dalamberkomunikasi dengan memakai metode sosiodrama yang disediakan supaya anakberminat terhadap kegiatan bercerita adalah: guru harus menguasai teknikmetodesosiodrama, menggunakan intonasi suara, ekspresi wajah dan media yangmenarik bagi anak. Tujuan dari penelitian ini agar adanya peningkatan terhadapperkembangan bahasa anak, khususnya dalam bercerita dengan metodesosiodrama yang disediakan.Metodologi penelitian yang peneliti lakukan adalah metode campuran(mixing method) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitianadalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Metode khusus melalui tanya jawab,bercakap-cakap, pemberian tugas, bercerita. subjek penelitian Kelompok B di TKPermata bunda Jorong Gantiang, kecamatan ampek nagari dengan jumlah murid15 orang yang terdiri dari 7 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki.Penelitian dilakukan dalam dua siklus, hasil penelitian di siklus I terhadapperkembangan bahasa anak sebelum tindakan masih terlihat rendah, Maka nyadilanjutkan ke siklus II, sehingga tujuan dari kegiatan berkomunikasi denganmenggunakan metode sosiodrama di TK Permata Bunda dapat tercapai sesuaidengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK, SOSIODRAMA, PAUD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 08:30 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 08:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23522 |