Vicky, Ryan (2012) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Kunjungan Wisata Waterboom Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_8_RYAN_VICKY_84953_3319_2012.pdf [thumbnail of final_B1_8_RYAN_VICKY_84953_3319_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_8_RYAN_VICKY_84953_3319_2012.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Pengaruh pendapatan
terhadap permintaan kunjungan pariwisata Waterboom Sawahlunto, (2) Pengaruh
harga tiket masuk Waterboom Sawahlunto terhadap permintaan kunjungan pariwisata
Waterboom Sawahlunto, (3) Pengaruh harga tiket masuk kebun binatang Kandi
Sawahlunto terhadap permintaan kunjungan pariwisata Waterboom Sawahlunto, (4)
Pengaruh jarak tempat tinggal terhadap permintaan kunjungan pariwisata Waterboom
Sawahlunto, (5) Pengaruh pendapatan, harga tiket masuk Waterboom Sawahlunto,
harga tiket masuk kebun binatang Kandi dan jarak tempat tinggal secara bersamasama
terhadap permintaan kunjungan pariwisata Waterboom Sawahlunto.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto yaitu mempelajari data lapangan
yang diduga mempengaruhi dan sekaligus sebagai karakteristik permintaan
konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang datang ke
Waterboom Sawahlunto. Selanjutnya dilakukan penarikan sampel dengan
menggunakan Aksidental Random Sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak
100 orang responden. Jenis data adalah sekunder dan primer, teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data dari BPS, PT. WWS dan
dari data responden penelitian yang dikumpulkan melalui angket / kuesioner. Analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif, yang terdiri dari
atas Regresi Berganda (Multi Regression), Uji t, Uji F dengan α = 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pendapatan berpengaruh
signifikan positif terhadap permintaan kunjungan Waterboom Sawahlunto. (2) Harga
tiket masuk Waterboom Sawahlunto berpengaruh signifikan negatif terhadap
permintaan kunjungan Waterboom Sawahlunto. (3) Harga tiket masuk kebun
binatang Kandi berpengaruh signifikan terhadap permintaan kunjungan Waterboom
Sawahlunto. (4) Jarak tempat tinggal berpengaruh signifikan negatif terhadap
permintaan kunjungan Waterboom Sawahlunto. (5) Secara bersama-sama
pendapatan, harga tiket masuk Waterboom Sawahlunto, harga tiket masuk kebun
binatang kandi dan jarak tempat tinggal berpengaruh signifikan terhadap permintaan
kunjungan Waterboom Sawahlunto dengan nilai Uji F = 8,732 > F tab = 2,465
dengan sumbangan variabel X1, X2, X3 dan X4 secara bersama-sama terhadap Y 26,8
%.
Disarankan agar pihak PT.WWS menjaga kestabilan harga tiket masuk serta
menjaga keamanan kenyamanan pengunjung. Kepada pengunjung disarankan untuk
memberikan saran dan masukan agar kualitas di segala hal Waterboom tetap terjaga
dan tetap berkunjung ke Waterboom Sawahlunto.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KUNJUNGAN WISATA WATERBOOM |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 08:27 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 08:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23505 |