Analisis Tingkat Keselamatan Lalu Lintas pada Daerah Persimpangan dengan Metode Traffic Conflict Technique (TCT), (Studi Kasus: Persimpangan RSUP Dr. M. Djamil Padang di Jalan Perintis Kemerdekaan)

Syafitri, Eka Rahma (2017) Analisis Tingkat Keselamatan Lalu Lintas pada Daerah Persimpangan dengan Metode Traffic Conflict Technique (TCT), (Studi Kasus: Persimpangan RSUP Dr. M. Djamil Padang di Jalan Perintis Kemerdekaan). Diploma/Proyek Akhir thesis, Fakultas Teknik.

[thumbnail of B1_02_EKA_RAHMA_SYAFITRI_1207914_1515_2017.pdf.pdf] Text
B1_02_EKA_RAHMA_SYAFITRI_1207914_1515_2017.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proyek akhir ini dilatarbelakangi oleh aktivitas lalu lintas yang ramai pada
persimpangan RSUP Dr. M. Djamil Padang di Jalan Perintis Kemerdekaan, yang
menyebabkan kemacetan serta rawan kecelakaan terutama pada saat peak hours.
Sesuai dengan tujuan penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan, keamanan
dan keselamatan berlalu lintas merupakan salah satu faktor terpenting, oleh karena
itu tingkat keselamatan pada persimpang ini perlu dianalisis. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui volume kendaraan yang melewati persimpangan
RSUP Dr. M. Djamil Padang pada jam sibuk dan tingkat keselamatan pada
persimpangan tersebut. Dalam penelitian ini data yang dibutuhkan adalah volume
kendaraan, geometrik jalan, volume penyeberang, data kecepatan serta jenis
konflik yang terjadi. Semua data yang dibutuhkan didapatkan dari survei langsung
di lapangan selama 3 hari (Senin, Jum’at dan Sabtu) atau 10,5 jam total waktu
pengamatan saat peak hours. Pengamatan dan pengolahan data konflik dilakukan
dengan menggunakan metode Traffic Conflict Tehnique (TCT). Metode TCT
merupakan salah satu metode untuk mengobservasi lalu lintas, yaitu dengan
mengidentifikasi kecelakaan yang hampir terjadi (near-missed accident). Ada 10
konflik lalu lintas yang diambil sebagai sampel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat keselamatan pada persimpangan RSUP Dr. M. Djamil Padang masih rendah karena semua hasil perhitungan time to accident menyatakan bahwa semua sampel termasuk serious conflict. Selain itu banyaknya
pengendara yang tidak mengindahkan peraturan menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan. tingkat keselamatan lalu lintas menunjukkan
serius dengan tingkat keseriusan 2, 3, 4 dan 5 sesuai dengan situasinya.

Item Type: Thesis (Diploma/Proyek Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil Bangunan Gedung-D3
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:14
Last Modified: 23 Jan 2025 07:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item
View Item