Marianis, Eni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Jaring-Jaring Balok dan Kubus dengan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) bagi Siswa Kelas IV SDN 13 Limosuku Sungaipua Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ENI_MARIANIS_52116_2350_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ENI_MARIANIS_52116_2350_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ENI_MARIANIS_52116_2350_2012.pdf
Download (440kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di Kelas IV SDN 13
Limosuku Sungaipua Kabupaten Agam bahwa pembelajaran jaring-jaring balok
dan kubus masih di masih didominasi oleh guru sebagai sumber belajar. Guru
kurang mengaitkan pembelajaran dengan permasalahan nyata yang dialami siswa
dalam kehidupan sehari-hari, sehingga aktifitas dan hasil belajar siswa rendah dan
masih jauh dari standar ketuntasan yang ditetapkan di sekolah. Masalah penelitian
ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar jaring-jaring balok dan kubus
dengan pendekatan PMR bagi siswa kelas IV SDN Limosuku Sungai Pua
Kabupaten Agam. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar jaring-jaring balok dan kubus dengan pendekatan PMR bagi siswa kelas
IV SDN Limosuku Sungai Pua Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses
pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan menggunakan Pendekatan PMR.
Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Limosuku Sungai Pua
Kabupaten Agam yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan
Pendekatan PMR dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran
jaring-jaring balok dan kubus. Hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa
pada akhir tindakan. Dimana hasil belajar siswa terjadi peningkatan pada aspek
kognitif yaitu siklus I pertemuan 1 nilai persentase ketuntasan 66,67%, pertemuan
2 78,79%, siklus II 93,94%. Pada aspek afektif Persentase Rata-rata Kelas Siklus
I Pertemuan I 63,15%, Pertemuan 2 77,83,57% dan Siklus II 93,42%. Pada aspek
Psikomotor Persentase Rata-rata Kelas Siklus I Pertemuan 1 64,63%, Pertemuan
2 81,48% dan siklus II 93,48%. Dan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat
diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan PMR
dapat meningkatkan basil belajar siswa kelas IV SDN Limosuku Sungai Pua
Kabupaten Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 07:05 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 07:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23476 |