Kasmawati, Enita (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) di Kelas IV SDN 11 Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ENITA_KASMAWATI_58361_199_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_ENITA_KASMAWATI_58361_199_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ENITA_KASMAWATI_58361_199_2013.pdf
Download (396kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi pembelajaran IPS yang
belum menarik dan interaktif bagi siswa, sehingga hasil belajar IPS siswa belum
sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang
bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS agar dapat meningkatkan
hasil belajar IPS di kelas IV.
Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan
sebanyak dua siklus, dalam setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan.
Dilakukan dengan empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan
yang di peroleh dari hasil pengamatan dan tes.
Hasil
penelitian yang diperoleh dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe GI dengan dua siklus menunjukkan adanya
peningkatan. Rata-rata penilaian rancangan pembelajaran siklus I adalah 75.1%
meningkat pada siklus II menjadi 92.9%. Penilaian pelaksanaan aspek guru siklus
I adalah 75.1% meningkat pada siklus II menjadi 93.8%, dan aspek siswa siklus I
adalah 75% meningkat pada siklus II menjadi 90.6%. Serta hasil belajar siswa
pada siklus I adalah 73.2 meningkat pada siklus II menjadi 83.2. Dengan
demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 11
Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 07:05 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 07:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23475 |