Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Bola Berwarna di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Talago Kabupaten Lima Puluh Kota

Fitri, Hayatul (2014) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Bola Berwarna di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Talago Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_HAYATUL_FITRI_1109583_2059_2014.pdf] Text
final_B1_9_HAYATUL_FITRI_1109583_2059_2014.pdf

Download (563kB)

Abstract

Perkembangan kemampuan berhitung anak di TK Aisyiyah Talago Kabupaten Lima Puluh Kota masih jauh dari kemampuan yang hendak dicapai. Hal ini terlihat dari rendahnya kemampuan anak membilang 1-20 dengan benda benda, menunjukkan bilangan 1-20 dengan benda-benda, dan menghubungkan bilangan 1-20 dengan benda-benda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan bola berwarna.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian yang bersifat memperbaiki proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Talago Kabupaten Lima Puluh Kota dengan jumlah murid 10 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi, selanjutnya diolah dengan teknik persentase.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung anak. Dari kondisi awal pada umumnya peningkatan kemampuan berhitung anak masih rendah. Pada siklus I dan siklus II pencapaian rata-rata peningkatan kemampuan berhitung anak meningkat sangat tinggi. Dengan keberhasilan yang dicapai setiap aspek rata-rata, tingkat keberhasilan melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sebesar 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan bola berwarna dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Aisyiyah Talago Kabupaten Lima Puluh Kota

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung anak, permainan bola berwarna, penelitian tindakan kelas, TK Aisyiyah Talago, peningkatan pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:03
Last Modified: 04 Sep 2025 07:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23460

Actions (login required)

View Item
View Item