Suryani, Epi (2016) Pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi LAN di SMK Negeri 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_EPI_SURYANI_3489_2016.pdf [thumbnail of B1_03_EPI_SURYANI_3489_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_EPI_SURYANI_3489_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengungkapkan besarnya pengaruh penerapan model quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi LAN di SMKN 1 Rao Selatan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan, yaitu rendahnya nilai rata-rata kelas siswa dibandingkan dengan standar KKM yang ditetapkan sekolah sebesar 75,00 dengan rentangan 0 – 100, pada pada mata Pelajaran Instalai LAN di kelas XI TKJ SMKN 1 Rao Selatan. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya metode pembelajaran, model pembelajaran dan media pembelajaran. Untuk itu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model quantum teaching. Penelitian ini menggunakan model eksperimen yang bersifat study kasus one shot study. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMKN 1 Rao Selatan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan pre-test dengan tujuan mengetahui tingkat kemampuan siswa sebelum mendapat perlakuan, selanjutnya diberikan perlakuan kepada siswa dan terakhir memberikan post-test, untuk mengetahui efektifitas dari treatment yang dilakukan. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Instrument yang digunakan berupa test subjektif sebanyak 60 butir soal yang diuji cobakan ke kelas yang sudah belajar Instalasi LAN. Data yang diperoleh dianalisis secara manual untuk mengungkap pengaruh yang terjadi dari treatment yang dilakukan. Hasil tes yang dilakukan, didapat rata-rata nilai pre-test untuk seluruh pertemuan sebesar 75,69 sedangkan rata-rata nilai post-test yang dilakukan setelah siswa mendapat perlakuan yakni sebesar 94,25. Melihat dari kedua nilai tersebut, didapat beda dari keduanya sebesar 18,56. Untuk mengetahui besarnya peningkatan, maka dilakukan perhitungan dalam persentase, dan hasilnya terdapat peningkatan sebesar 24,25%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah mendapatkan perlakuan dengan belajar menggunakan model Quantum Teaching
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 00:54 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 00:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23445 |