Pengembangan Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Lompat Kartu Suku Kata di TK Tunas Jaya Sungai Jambu Kecamatan Pariangan

Yenti, Gusni (2012) Pengembangan Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Lompat Kartu Suku Kata di TK Tunas Jaya Sungai Jambu Kecamatan Pariangan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_GUSNI_YENTI_51214_302_2012.pdf] Text
final_B1_9_GUSNI_YENTI_51214_302_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kenyataan yang terjadi di TK Tunas Jaya Sungai Jambu, yaitu menunjukan bahwa banyak anak mengalami kesulitan dalam kemampuan membaca, hal ini lah yang menjadi alasan utama peneliti melakukan penelitian dengan mengumpayakan perbaikan dalam proses pembelajaran yang meningkatkan kemampuan membaca. Dan salah satu caranya adalah melalui permainan lompat kartu suku kata.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan lompat kartu suku kata dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak. Sabjek penelitian adalah anak kelompok B1 TK Tunas Jaya yang berjumlah 12 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan.
Pada penelitian pengembangan kemampuan membawa awal anak TK Tunas Jaya siklus terlihat bahwa jumlah anak dengan kategori sangat tinggi lebih banyak dibandingkan dengan anak yang tergolong pada kategori tinggi, sementara anak yang tergolong pada kelompok kategori tinggi lebih banyak dibanding dengan anak yang berada pada kategori rendah. Namun Hasil penelitian pada siklus I ini belum mencapai batas ketuntasan belajar minimum, oleh sebab itu penelitian ini dilanjutkan pada penelitian siklus II.
Pada penelitian siklus II dengan melihat aspek pengembangan kemampuan membaca anak, presentase jumlah anak yang tergolong kategori sangat tinggi mengalami peningkatan yang sangat memuaskan, ini terlihat dari jumlah anak yang tergolong kategori sangat tinggi pada kemampuan membaca dengan jumlah presentase melampaui batas ketuntasan belajar minimum yang telah ditentukan. Dalam arti kata dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak TK Tunas Jaya yang dilakukan melalui permainan lompat kartu suku kata.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Awal, Permainan Lompat Kartu Suku Kata, Pendidikan Anak Usia Dini, Penelitian Tindakan Kelas.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 04 Sep 2025 00:51
Last Modified: 04 Sep 2025 00:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23410

Actions (login required)

View Item
View Item