Martin, Gusni (2012) Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak melalui Permainan Menggunakan Media Gambar di Taman Kanak-kanak Kartika 1-12 Padangpanjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_GUSNI_MARTIN_08384_352_2012.pdf [thumbnail of final_B1_9_GUSNI_MARTIN_08384_352_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_GUSNI_MARTIN_08384_352_2012.pdf
Download (193kB)
Abstract
Pembelajaran bahasa merupakan pembelajaran yang sulit bagi anak terutama dalam kegiatan bercerita dengan gambar dan mengemukakan pendapat secara sederhana. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk peningkatan bahasa anak terhadap pemahaman bahasa dalam bercerita dengan gambar yang disediakan dengan urut dan bahasa yang jelas.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak Kelompok B2 TK Kartika 1-12 Padangpanjang tahun pelajaran 2011/2012, sebanyak 15 orang yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data: observasi (pengamatan langsung), dokumentasi ( kamera), penilaian hasil belajar anak dan wawancara. Teknik analisis data dengan teknik persentase yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan diolah secara deskriptif.Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II.
Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Hasil penelitian di setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak dari siklus I yang terlihat kurang dilanjutkan pada siklus II perkembangan bahasa anak menjadi lebih baik dan meningkat serta menunjukkan hasil yang positif. Kecendrungan peningkatan terbesar dicapai dalam kemampuan anak bercerita dalam permainan kartu bergambar di TK Kartika 1-12 Padangpanjang.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa anak melalui permainan menggunakan media gambar di TK Kartika 1-12 Padangpanjang meningkat, dan permainan kartu bergambar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada setiap indikator
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Bahasa Anak, Bercerita, Permainan Kartu Bergambar, Media Gambar, Penelitian Tindakan Kelas. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 00:50 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 00:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23406 |