Peran Guru dalam Mengadapi Masalah Perkembangan Sosial pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Islam Khaira Ummah Padang.

Rahmadani, Suci (2015) Peran Guru dalam Mengadapi Masalah Perkembangan Sosial pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Islam Khaira Ummah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SUCI_RAHMADANI_REVISI_96188_3961_2015.pdf] Text
final_B1_7_SUCI_RAHMADANI_REVISI_96188_3961_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah perkembangan sosial pada anak usia dini meliputi masalah dalamperkembangan emosi, prestasi akademik, dan interaksi sosial mereka. Masalahpada perkembangan sosial inilah yang perlu mendapat didikan dari seorang guruagar masalah pada perkembangan sosial tersebut bisa berkembang kearah yanglebih baik. Peran guru sebagai pendidik berbeda-beda dalam menghadapi masalahpada perkembangan sosial anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peranguru dalam menghadapi masalah perkembangan sosial pada anak di TamanKanak-kanak Islam Khaira Ummah Padang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif denganpendekatan kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah guru kelas B4 danB5 TK Islam Khaira Ummah Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitianini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yangdiperoleh dideskripsikan sesuai dengan realitanya dan apa adanya. Penganalisiandata dilakukan dalam bentuk deskripsi yaitu berupa kata-kata dan teknikpengabsahan data menggunakan teknik triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menghadapimasalah perkembangan sosial pada anak di TK Islam Khaira Ummah Padangadalah: meningkatkan rasa percaya diri anak, menciptakan komunikasi dan rasahumor yang baik, memperkenalkan kepada anak tentang tuhan semenjak kecil,mengajarkan anak menyelesaikan persoalan mereka, mengajarkan anakmengendalikan emosi, memberikan nutrisi yang tepat pada anak, mengajarkananak meminta tolong, memberikan reward atau hadiah saat meraih prestasi,menjadi contoh bagi anak dan mengajarkan keterampilan sosial, memotivasi anakagar menerapkan aturan atau disiplin. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasecara umum peran guru sudah baik, guru sudah berusaha memberikan peran yangterbaik dalam menghadapi masalah perkembangan sosial pada anak agarperkembangan sosial anak berkembanga kearah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK, PAUD
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 03 Sep 2025 07:18
Last Modified: 03 Sep 2025 07:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23401

Actions (login required)

View Item
View Item