Implementasi Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Pendekatan Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas III SDN 02 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman

Epidawati, Epidawati (2016) Implementasi Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Pendekatan Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas III SDN 02 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_EPIDAWATI_95355_5680_2016.pdf] Text
final_B1_6_EPIDAWATI_95355_5680_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah dimana guru belum membagi siswa
dalam kelompok heterogen, hasil kerja kelompok yang dilaporkan siswa tidak
berdasarkan nomor urut, maka solusinya adalah penggunaan pendekatan NHT.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan
Pendekatan NHT di Kelas III SDN 02 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang
Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif
digunakan untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis,
sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan untuk pengolahan data yang
diperoleh dari peristiwa untuk mengukur hasil belajar siswa berupa hasil
pengamatan, hasil tes, dan refleksi diri yang peneliti lakukan dari setiap tindakan.
Prosedur penelitian adalah peneliti dan peserta didik di kelas III SDN 02 Ulakan
Tapakis Kabupaten Padang Pariaman.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan dari siklus I ke siklus II,
perencanan pembelajaran memperoleh rata-rata 82% (B) menjadi 93% (SB).
Aktivitas guru memperoleh 76,8 (B) menjadi 91,1 (B), aktivitas siswa dari 73,2
(B), menjadi 89,3 (SB) serta hasil belajar siswa pada aspek koqnitif siklus I
memperoleh rata-rata 74,5 mengalami peningkatan menjadi 89,6. Pada aspek
afektif siklus I memperoleh rata-rata 74,4 mengalami peningkatan menjadi 90,3.
Sedangkan untuk aspek psikomotor pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 75,9
mengalami peningkatan menjadi 93,1. Peneliti mengambil kesimpulan
penggunaan pendekatan NHT untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas III
SDN 02 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman telah berhasil.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 03 Sep 2025 07:15
Last Modified: 03 Sep 2025 07:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23400

Actions (login required)

View Item
View Item