Pengaruh Penerapan Strategi REACT terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.

Sari, Suci Permata (2015) Pengaruh Penerapan Strategi REACT terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SUCI_PERMATA_SARI_1106339_4444_2015.pdf] Text
final_B1_7_SUCI_PERMATA_SARI_1106339_4444_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Materi kelarutan dan hasil kali kelarutan mengandung fakta, prinsip dankonsep. Pada materi ini siswa dituntut untuk mampu memahami konsep kelarutandan hasil kali kelarutan kemudian diaplikasikan dalam perhitungan. Hal ini dirasasulit oleh sebagian siswa dalam mempelajarinya. Siswa mengalami kesulitanuntuk mengaplikasikan materi yang sudah dipelajari dalam menyelesaikanpermasalahan yang diberikan guru. Selain itu siswa kurang mampu mengaitkanmateri yang akan dipelajarinya. Akibatnya, pemahaman siswa terhadap konsepkonsep tersebut masih tergolong rendah. Salah satu strategi pembelajaran yangdapat digunakan adalah strategi REACT. Penelitian ini bertujuan untukmengungkapkan pengaruh penerapan strategi REACT terhadap hasil belajar siswapada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Negeri 1 Batusangkar.Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian eksperimen semu (quasiexperiment research) dengan rancangan penelitian model Randomized ControlGroup Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIA SMAN1 Batusangkar tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang diperoleh dengan clustersampling adalah kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2sebagai kelas kontrol. Hasil uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelassampel diperoleh bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyaivarian yang homogen. Data penelitian ini merupakan hasil belajar siswa kelaseksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif yang diperoleh dari nilai tesakhir. Hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan strategi REACTmemperoleh nilai rata-rata 79 dan kelas kontrol dengan pembelajaran tanpamenerapkan strategi REACT nilai rata-ratanya 74,5. Setelah dilakukan uji-t padataraf nyata 0,05, dan diperoleh thitung sebesar 1,72 sedangkan ttabel sebesar 1,68. Halini berarti thitung > ttabel, maka hipotesis penelitian diterima, sehingga dapatdisimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari hasil belajar kimiasiswa dengan menerapkan strategi pembelajaran REACT pada materi kelarutandan hasil kali kelarutan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, HASIL KALI KELARUTAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 03 Sep 2025 06:58
Last Modified: 03 Sep 2025 06:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23395

Actions (login required)

View Item
View Item