Pengembangan Kartu Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pokok Tata Nama Senyawa untuk SMA Kelas X.

Angraini, Suci Lila (2015) Pengembangan Kartu Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pokok Tata Nama Senyawa untuk SMA Kelas X. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SUCI_LILA_ANGRAINI_54976_3235_2015.pdf] Text
final_B1_7_SUCI_LILA_ANGRAINI_54976_3235_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Materi Tata Nama Senyawa merupakan materi pokok yang berisikan konsepdan prosedur-prosedur, dimana siswa dituntut menghafal nama-nama unsur, aniondan kation sehingga pembelajaran bersifat pasif dan kurang menarik. Untuk itudiperlukan suatu alternatif agar pembelajaran menjadi aktif dan siswa mudahmemahami konsep pada materi ini. Alternatif yang digunakan adalah membuat mediapembelajaran. Media pembelajaran ini berupa media permainan dalam bentuk kartukimia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa mediapermainan kartu kimia untuk materi pokok tata nama senyawa kimia dan mengujikelayakannya pada pembelajaran kimia di kelas X. Jenis penelitian yang digunakanadalah penelitian dan pengembangan atau Research and Developmend (R&D) yaitumenghasilkan atau mengembangkan suatu produk tertentu dan menguji kelayakkanproduk tersebut. Uji kelayakan dilakukan pada siswa kelas XI MIA 4 SMANegeri 14 Padang. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angketdalam bentuk skala Likert yang berdasarkan fungsi media yaitu fungsi atensi, fungsiafektif, fungsi kognitif dan fungsi kompensatoris. Hasil analisis angket diperolehdengan nilai kelayakan 4,11. Berdasarkan data tersebut terlihat bahwa kartu kimiasebagai media pembelajaran untuk materi pokok tata nama senyawa berdasarkanfungsi atensi, fungsi afektif, fungsi kognitif dan fungsi kompensatoris sangat layakdigunakan di SMA/MA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KARTU KIMIA, MEDIA PEMBELAJARAN, TATA NAMA SENYAWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 03 Sep 2025 06:57
Last Modified: 03 Sep 2025 06:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23389

Actions (login required)

View Item
View Item