Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA Negeri 2 padang panjang.

Putri, Suci Dwi Rahayu (2013) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA Negeri 2 padang panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SUCI_DWI_RAHAYU_PUTRI_96957_5149_2013.pdf] Text
final_B1_7_SUCI_DWI_RAHAYU_PUTRI_96957_5149_2013.pdf

Download (437kB)

Abstract

Proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh oleh siswa.Semakin tinggi prestasi belajar yang diperoleh, maka tingkat keberhasilan prosespembelajaran juga akan semakin tinggi. Pembelajaran yang pasif, cenderungmembuat proses pembelajaran monoton atau kurang menarik yang berpengaruhterhadap hasil belajar siswa. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untukmenciptakan suasana belajar yang dapat meningkatkan keaktifan siswa serta hasilbelajar siswa adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TeamsGames Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruhpenerapan model pembelajaran tipe TGT terhadap hasil belajar siswa pada materikelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Negeri 2 padang Panjang. Jenis penelitianini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized ControlGroup Only Design. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI IPA SMANegeri 2 Padang Panjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Sampelpenelitian diambil dari anggota populasi, pengambilannya menggunakan teknikRandom Sampling. Diperoleh kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA2sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes padaakhir penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kelas eksperimen denganpenerapan model pembelajaran tipe TGT memiliki nilai rata-rata yaitu 83,91,sedangkan kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran konvensionalmemiliki rata-rata yaitu 75,48. Hasil uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelassampel diperoleh bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyaivarians yang homogen. Setelah dilakukan uji-t pada taraf kepercayaan 0,05didapatkan thitung = 3,44 dan ttabel =1,67 artinya thitung > ttabel. Berarti hasil belajar siswapada kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran tipe TGT lebih tinggisecara signifikan dari kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran konvensionalkelas XI IPA di SMA Negeri 2 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, TEAMS GAMES TOURNAMENT, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 03 Sep 2025 06:56
Last Modified: 03 Sep 2025 06:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23384

Actions (login required)

View Item
View Item