Peningkatan Kemampuan membaca Anak Melalui Permainan Huruf Punggung Berantai Pada PAUD Kasih Ibu Pasar Lansat Kadap Pasaman

Gayatri, Gayatri (2012) Peningkatan Kemampuan membaca Anak Melalui Permainan Huruf Punggung Berantai Pada PAUD Kasih Ibu Pasar Lansat Kadap Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_GAYATRI_52784.pdf] Text
final_B1_9_GAYATRI_52784.pdf

Download (978kB)

Abstract

Kemampuan membaca anak pada PAUD Kasih Ibu Pasar Lansat Kadap masih rendah. Dari kenyataan yang peneliti lihat pada PAUD tersebut anak-anak umumnya belum mampu sepenuhnya berkembang kemampuan membacanya. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran Guru belum menggunakan permainan yang menarik dan suasana belajar yang menyenangkan dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui permainan huruf punggung berantai yaitu suatu permainan yang menarik dimana guru menciptakan suasana yang menyenangkan bagi pembelajaran anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak pada PAUD Kasih Ibu Pasar Lansat Kadap.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sedangkan subjek penelitiannya adalah anak PAUD Kasih Ibu Pasar Lansat Kadap Pasaman yang berjumlah 19 orang terdiri dari 11 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki. Pengumpulan data menggunakan format observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah persentase dengan tabel distribusi frekuensi.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing masing terdiri dari tiga pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan siklus I tingkat pencapaian kemampuan membaca anak masih rendah sehingga penelitian perlu dilanjutkan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II, kemampuan membaca anak sudah meningkat dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan huruf punggung berantai melalui 2 huruf lebih membantu dalam meningkatkan kemampuan membaca anak. Oleh karena itu Permainan huruf punggung berantai ini hendaknya dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran yang mendidik dan menambah pengetahuan dalam pendidikan di PAUD, khususnya untuk peningkatan konsep membaca anak

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Anak, Permainan Huruf Punggung Berantai, Media Pembelajaran, Pendidikan Anak Usia Dini, Penelitian Tindakan Kelas.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PZ Children's literature
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 03 Sep 2025 06:56
Last Modified: 03 Sep 2025 06:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23383

Actions (login required)

View Item
View Item