Daymoona, Suci (2014) Pembuatan Media Pembelajaran CD Interaktif Berorientasi Chemistry Triangle pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_SUCI_DAYMOONA_96931_1601_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_SUCI_DAYMOONA_96931_1601_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_SUCI_DAYMOONA_96931_1601_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Salah satu karakteristik penting dalam mempelajari ilmu kimiaadalah adanya hubungan serta keterkaitan antara aspek makroskopik,mikroskopik, dan simbolik. Konsep yang disajikan dalam materi kimiaumumnya bersifat abstrak. Dalam membantu siswa untuk memahamikonsep yang abstrak ini tidak efisien bila guru masih menerapkanpembelajaran satu arah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untukdapat membantu guru menyajikan konsep kimia adalah denganmenggunakan media pembelajaran berorientasi chemistry triangle.chemistry triangle yang merupakan penggabungan 3 aspek yaitu:makro,mikro, dan simbolik. Metode penelitian yang digunakan adalahR&D (Research and Development), penelitian ini bertujuan untuk mengujikeefektifan media pembelajaran yang akan dibuat dengan menggunakanangket sebagai instrumen penelitian. Angket berisi pertanyaan yangberhubungan dengan fungsi media. Angket yang didistribusikan kepadasiswa berisi pertanyaan seputar fungsi atensi, kognitif dan kompensatoris.Angket yang didistribusikan kepada guru SMA pertiwi 1 Padang sertakepada mahasiswa jurusan kimia berisi tentang pertanyaan seputar fungsiatensi, afektif, kognitif dan kompensatoris dari media . Hasil yangdidapatkan dari nilai angket adalah angka yang menunjukkan layak atautidak layaknya media pembelajaran yang dibuat. Nilai rata- rata kelayakansecara keseluruhan yang didapat dari siswa adalah sebesar 4,06. Nilai ratarata kelayakan media secara keseluruhan berdasarkan pendapat guru danmahasiswa adalah 4,29.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEDIA PEMBELAJARAN, CHEMISTRY TRIANGLE |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 06:56 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 06:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23381 |