Erdawati, Erdawati (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar bagi Siswa Kelas I SD 03 Guguk Malintang Padang Panjang Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ERDAWATI_58446_3262_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_ERDAWATI_58446_3262_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ERDAWATI_58446_3262_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar di kelas I SD 03
Guguk Malintang Padang Panjang Timur bahwa keterampilan menulis siswa
kelas I masih kurang. Hal ini dapat dilihat pada: 1) Siswa kurang mampu
menuliskan kata sesuai gambar, 2) Siswa kurang mampu mengisi kata pada
kalimat yang belum lengkap, 3) Siswa kurang terlatih dalam menulis tegak
bersambung, 4) Siswa kurang mampu menuliskan kata yang diucapkan, dan 6)
Bentuk huruf yang dibuat siswa kurang tepat. Untuk mengatasi hal tersebut,
peneliti mencoba memperbaikinya dengan menggunakan media gambar. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis
permulaan
pada tahap pramenulis, saatmenulis dan pascamenulis dengan
menggunakan media gambar bagi siswa Kelas I SD 03 Guguk Malintang Padang
Panjang Timur.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian
adalah: Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian
adalah 30 orang siswa kelas I dan 1 orang guru kelas II sebagai pengamat.
Penilaian dilakukan pada tiga tahap yaitu pramenulis, saat menulis dan
pascamenulis. Hasil penilaian pada pramenulis siklus I adalah rata-rata 73,67
dan naik menjadi 85 pada siklus II. Hasil penilaian menulis siklus I adalah rata-
rata 76 naik menjadi 81 pada siklus II. Hasil penilaian pascamenulis siklus I
adalah rata-rata 85 dan naik pada siklus II menjadi 92. Dengan ini dapat
disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis
permulaan bagi siswa Kelas I SD 03 Guguk Malintang Padang Panjang Timur.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 06:54 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 06:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23373 |