Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Tabung Berwarna di TK DHARMASARI Kabupaten Lima Puluh Kota. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Sriyanti, Sriyanti (2012) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Tabung Berwarna di TK DHARMASARI Kabupaten Lima Puluh Kota. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SRIYANTI_58527_13_2013.pdf] Text
final_B1_7_SRIYANTI_58527_13_2013.pdf

Download (590kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih rendahnya kemampuankognitif anak terutama dalam berhitung (di bawah KKM). Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan tabungberwarna sehingga dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini yaitubagaimanakah permainan tabung berwarna dapat meningkatkan kemampuanberhitung anak di TK Dharmasari Kecamatan Harau.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang subyelpenelitiannya adalah anak TK Dharmasari Kabupaten Lima Puluh kota tahunpelajaran 2011/2012 di kelompok B1 yang berjumlah 15 orang. Pengumpulandata menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, sedangkan teknikanalisis data yang digunakan adalah persentase dengan tabel. Penelitian inidilakukan dengan dua siklus, siklus I tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kalipertemuan.Hasil penelitian ditentukan bahwa permainan Tabung Berwarna dapatmeningkatkan kemampuan berhitung anak, terbukti dari hasil persentase siklus Ikemampuan anak dalam mengenal angka, mengelompokkan benda berdasarkanwarna, membilang benda, mencari pasangan benda, mengurutkan benda dari besarke kecil atau sebaliknya cukup tinggi. Pada siklus II kemampuan berhitung anaktinggi sekali. Hal ini terbukti dari persentase meningkat dari siklus I ke siklus II,maka pertanyaan sudah terjawab bahwa permainan tabung berwarna dapatmeningkatkan kemampuan berhitung anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK, PERMAINAN TABUNG, PAUD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 02 Sep 2025 09:43
Last Modified: 02 Sep 2025 09:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23348

Actions (login required)

View Item
View Item