Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Simpai di Taman Kanak - Kanak Ikhlas Padang Pariaman.

Wahyuni, Sri (2013) Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Simpai di Taman Kanak - Kanak Ikhlas Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SRI_WAHYUNI_1110540_3734_2014.pdf] Text
final_B1_7_SRI_WAHYUNI_1110540_3734_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan penelitian ini adalah Kemampuan motorikkasar anak kelompok B1 di Taman Kanak - Kanak Ikhlas Padang Pariaman masihrendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya media dan alat permainan untukmeningkatkan kemampuan motorik kasar anak oleh guru. Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B1 Taman Kanak- Kanak Ikhlas Padang Pariaman.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. PenelitianTindakan Kelas ini dilakukan dengan dua Siklus setiap siklus dengan tiga kalipertemuan. Teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi, teknik analisisdata menggunakan persentase.Hasil penelitian setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatankemampuan motorik kasar anak, dari siklus I yang pada umumnya masih terlihatrendah dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada sikluskemampuan motorik kasar anak menunjukan hasil yang positif, terlihat dengantelah tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang meningkat dengansangat baik.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, melalui bermain simpaidapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini di kelompok B1Taman kanak- kanak Ikhlas Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK, PERMAINAN SIMPAI, PAUD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 02 Sep 2025 08:15
Last Modified: 02 Sep 2025 08:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23337

Actions (login required)

View Item
View Item