Erlina, Erlina (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SDN 14 Siguntur Muda Kecamatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ERLINA_09835_3598_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ERLINA_09835_3598_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ERLINA_09835_3598_2012.pdf
Download (301kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dalam proses pembelajaran IPA selama ini
masih belum dapat membangun atau menyusun pengetahuan baru dalam struktur
kognitif siswa berdasarkan pengalaman, karena selama ini pendekatan yang
digunakan dalam pembelajaran yaitu hanya ceramah dan demonstrasi, sehingga
pada akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam
Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SDN
14 Siguntur Muda Kecamatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif kualitatif. Subjek dalam penelitian tindakan
kelas ini adalah siswa kelas SDN 14 Siguntur Muda Kecamatan Koto XI Tarusan
Pesisir Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pencatatan lapangan,
Observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis
data Kualitatif data Kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil yang diperoleh siswa pada
pembelajaran IPA setelah menggunakan pendekatan kontekstual dari siklus I ke
siklus II menunjukkan terjadi peningkatan yang baik. Hal ini membuktikan bahwa
pendekatan kontekstual terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPA khususnya pada materi daur hidup hewan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 08:14 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 08:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23336 |