Erlinda, Erlinda (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Strategi Akrostik di Kelas V SD Negeri 05 Sawahan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ERLINDA_09679_4432_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ERLINDA_09679_4432_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ERLINDA_09679_4432_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 05 Sawahan Kota
Padang masih tergolong rendah. Untuk itu, melalui penelitian tindakan kelas
ini peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran menulis puisi.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan
menulis puisi dengan strategi akrostik di kelas V SD Negeri 05 Sawahan Kota
Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action
research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Subjek peneliti adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 30
orang. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan, hasil dokumentasi,
dan hasil pembelajaran menulis. Penelitian ini merupakan data dari
pelaksanaan peningkatan kemampuan menulis puisi pada tahap prapenulisan,
penulisan, dan pascapenulisan. Peningkatan keterampilan menulis puisi dari
setiap siklus dengan tiga tahap, yaitu tahap prapenulisan, penulisan dan
pascapenulisan. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus.
Hasil penelitian menunjukkan nilai pada siklus I, (1) prapenulisan, rata
rata nilai 60,23 dengan ketuntasan belajar 40%, (2) penulisan, rata-rata nilai
62,77 dengan ketuntasan belajar 53%, (3) pascapenulisan, rata-rata nilai 68,27
dengan ketuntasan belajar 60%. Hasil yang dicapai pada siklus II, (1)
prapenulisan, nilai rata-rata 77,50 dengan ketuntasan belajar 77 %, (2)
penulisan, rata-rata nilai 82,73 dengan ketuntasan belajar 83%, (3)
pascapenulisan, rata-rata nilai 84,13 dengan ketuntasan belajar 90%.
Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah strategi akrostik dapat
meningkatkan keterampilan menulis puisi di kelas V SD Negeri 05 Sawahan
Kota Padang. Dengan demikian strategi akrostik bisa dimanfaatkan dalam
proses pembelajaran menulis puisi. Dengan strategi akrostik, siswa sudah
mampu membuat puisi dengan tema yang bervariasi, pilihan kata yang
beragam, serta susunan kalimat yang tepat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 07:28 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 07:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23335 |