Efektivitas Metode Bermain Simbol Kata Bermaknat terhadap Pengenalan Huruf Hijaiyah Anak di PAUD Hauriyah Halum Padang.

Wahyuni, Sri (2015) Efektivitas Metode Bermain Simbol Kata Bermaknat terhadap Pengenalan Huruf Hijaiyah Anak di PAUD Hauriyah Halum Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SRI_WAHYUNI_105766_354_2015.pdf] Text
final_B1_7_SRI_WAHYUNI_105766_354_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di PAUD Hauriyah Halum Padang bahwakemampuan melafalkan bunyi huruf hijaiyah anak belum berkembang dengan baikdikarenakan pendekatan fonetik seperti metode iqra‟ yang di gunakan guru cenderungmonoton, membosankan, latihan yang tidak bermakna dan dicapai dalam waktu yangpanjang, sehingga kurang efektif dalam pengenalan huruf hijaiyah anak. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode bermain simbol kata bermaknaterhadap pengenalan huruf hijaiyah anak di PAUD Hauriyah Halum Padang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy eksperimen.Populasi penelitian adalah anak PAUD Hauriyah Halum Padang yang berjumlah 31 orang.Teknik pengambilan sampel purposive sampling, dengan kelas eksperimen dan kelas kontrolyang masing-masing berjumlah 7 orang anak. Teknik pengumpulan data digunakan tes,berupa pernyataan sebanyak 28 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakanlembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakanMetode bermain simbol kata bermakna memiliki nilai rata-rata lebih tinggi jika dibandingkandengan anak pada kelas kontrol yang menggunakan Metode Iqra‟. Berdasarkan perhitungan ttest diperoleh lebih besar dari pada menunjukkan bahwa terdapat perbedaanyang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwapenggunaan Metode bermain simbol kata bermakna lebih efektif terhadap pengenalan hurufhijaiyah anak di PAUD Hauriyah Halum, Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BERMAIN SIMBOL KATA, PENGENALAN HURUF HIJAIYAH, PAUD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 02 Sep 2025 07:28
Last Modified: 02 Sep 2025 07:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23334

Actions (login required)

View Item
View Item