Johan., Erlinda (2013) Peningkatan Hasil Belajar Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK) dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) di Kelas IV SDN 03 Alai Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ERLINDA_JOHAN_09563_1835_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_ERLINDA_JOHAN_09563_1835_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ERLINDA_JOHAN_09563_1835_2013.pdf
Download (311kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar siswa pada
pembelajaran matematika materi bangun ruang sederhana. Selama ini pembelajaran
yang telah dilakukan masih belum dapat membangun atau menyusun pengetahuan
baru dalam struktur kognitif siswa berdasarkan pengalaman, pada akhirnya
berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini
bertujuan
untuk
mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan
Pembelajaran dan Peningkatan Hasil Belajar Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK)
dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) di Kelas IV SDN 03 Alai
Kota Padang.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dengan pendekatan yang
digunakan yaitu kuantitatif kualitatif. Subjek adalah siswa kelas IV SD Negeri 03
Alai Kota Padang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pencatatan lapangan,
observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data
Kualitatif data Kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan rumus persentase.
Berdasarkan data hasil penelitian perencanaan pembelajaran diwujudkan
dalam penyusunan RPP dan perangkat pembelajaran, sedangkan pelaksanaan
pembelajaran dilakukan dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching
Learning (CTL). Hasil pengamatan diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I aspek
kognitif = 63,5, aspek afektif = 67,5 dan aspek psikomotor = 65, sedangkan pada
siklus II hasil belajar siswa dari aspek kognitif = 81.8, aspek afektif = 89,25 dan
aspek psikomotor = 90.59. Secara keseluruhan hasil belajar siswa baik aspek kognitif,
afektif maupun psikomotor mengalami peningkatan. Kesimpulan hasil penelitian
bahwa dengan menggunakan pendekatan Contekstual Teaching Learning (CTL)
terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV SD Negeri 03 Alai Kota
Padang pada materi kelipatan persekutuan kecil (KPK).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 07:28 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 07:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23333 |