Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas IV SDN 08 Puncak Lawang Kecamatan Matur Kabupaten Agam

Septiyana, Erma Eka (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas IV SDN 08 Puncak Lawang Kecamatan Matur Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ERMA_EKA_SEPTIYANA_07551_2012.pdf] Text
final_B1_6_ERMA_EKA_SEPTIYANA_07551_2012.pdf

Download (575kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa siswa
mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep IPS. Berdasarkan
pengamatan peneliti pada ujian MID semester I tahun 2010 ditemukan hasil
belajar IPS siswa masih rendah, hal ini disebabkan guru masih dominan
menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran sehingga siswa malas belajar
dan sering keluar masuk di dalam jam pelajaran, untuk itu peneliti melalui
penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil belajar siswa
dengan menggunakan model Quantum Teaching. Tujuan peneliitian ini adalah
untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Quantum
Teaching di kelas IV SDN 08 Puncak Lawang Kecamatan Matur Kabupaten
Agam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
bentuk penelitian yaitu penelitian tidakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua
siklus. Dan setiap siklus ada 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan
pengamatan serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 08
Puncak lawang. Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
penilaian proses, penilaian hasil, format pencatatan lapangan untuk guru dan
siswa, pengamatan aktivitas dari aspek guru dan siswa. Data yang diperoleh dalam
penelitian ini dianalisis dengan menggunakan tes dan menguji ketuntasan belajar
dengan persentase.
Hasilpenelitian siklus I pertemuan I menunjukkan ketercapaian yang
diperoleh siswa pada aspek kognitif 50%, aspek afektif 66,1%, aspek psikomotor
64,3%. Siklus I pertemuan II ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek
kognitif 64%, aspek afektif 76,29%, aspek psikomotor 81,57%, sedangkan pada
siklus II ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 86%, aspek afektif
86,4%, aspek psikomotor 86,9%. Telah terlihatpeningkatan hasil belajar dari
siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS
dengan menggunakan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV SDN 08 Puncak Lawang Kecamatan Matur Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 02 Sep 2025 07:28
Last Modified: 02 Sep 2025 07:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23332

Actions (login required)

View Item
View Item