Peningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas IV SDN 05 Kolok Mudik Kota Sawahlunto

Novalina, Erma (2013) Peningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas IV SDN 05 Kolok Mudik Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ERMA_NOVALINA_09906_2985_2013.pdf] Text
final_B1_6_ERMA_NOVALINA_09906_2985_2013.pdf

Download (681kB)

Abstract

Pembelajaran penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 05 Kolok
Mudik Kota Sawahlunto masih bersifat konvensional, sehingga siswa kurang
termotivasi
untuk
mengikuti
pembelajaran
dan
hasil
belajar
siswapun rendah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan
pelaksaan, dan peningkatan hasil belajar siswa tentang penjumlahan bilangan
bulat dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Di Kelas IV
SDn 05 Kolok Mudik kota Sawahlunto.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room action
research), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini dilaksanakan antara peneliti dan guru. Penelitian dilaksanakan
dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti dan guru.
Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil pengamatan, hasil
pengamatan aktifitas guru dan siswa, dan hasil tes akhir pembelajaran. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 05 Kolok Mudik, terteliti
berjumlah 15 orang.
Hasil penelitian ini mengambarkan peningkatan : 1) Perencanaan
pembelajaran siklus I nilai rata-rata 73 meningkat pada siklus II yaitu 77, 2)
Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan guru siklus I rata-ratanya 80,5
meningkat pada siklus ke II menjadi 91, dan kegiatan siswa pada siklus I rata-rata
71, meningkat pada siklus ke II menjadi 94, 3) Hasil belajar pada siklus I rata
rata 77.5 dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 83. Maka dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan (CTL) dapat meningkatkan
hasil belajar siswa dalam materi penjumlahan bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 02 Sep 2025 07:27
Last Modified: 02 Sep 2025 07:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23330

Actions (login required)

View Item
View Item