Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Kontruktivis di Kelas V SDN 16 Parabekbangkaweh Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam

Yosi,, Ermata (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Kontruktivis di Kelas V SDN 16 Parabekbangkaweh Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ERMATA_YOSI_93587_150_2013.pdf] Text
final_B1_6_ERMATA_YOSI_93587_150_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pendekatan
pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan kontruktivis belum pernah dilaksanakan oleh guru,
pembelajaran yang diberikan kurang bermakna bagi siswa karena pengetahuan
tidak dibangun sendiri oleh siswa. Permasalahan tersebut berdampak pada siswa
yaitu: siswa kurang aktif dalam belajar. Oleh karena itu peneliti melakukan
penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan konstruktivis di kelas V
SDN 16 Parabekbangkaweh Kecamatan Banuhampu. Pengumpulan data
dilaksanakan dengan tes dan observasi,.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 16 Parabekbangkaweh
dengan jumlah siswa 27 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian ini dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan Refleksi. Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan konstruktivis adalah: 1) pengaktifan pengetahuan yang ada 2)
pemerolehan pengetahuan baru, 3) pemahaman pengetahuan, 4) menerapkan
pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh, 5) melakukan refleksi
Hasil penelitian pada setiap siklus yaitu: Hasil Penilaian RPP pada siklus I
84% meningkat pada siklus II menjadi 96%. Hasil pengamatan aktivitas guru pada
siklus I 80% dan meningkat pada siklus II menjadi 97%. Hasil pengamatan
aktivitas siswa pada siklus I 80% meningkat pada siklus II menjadi 97%. Hasil
belajar siswa siklus I dengan rata-rata 75. Pada siklus II meningkat menjadi 85.
Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui
pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 02 Sep 2025 07:27
Last Modified: 02 Sep 2025 07:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23329

Actions (login required)

View Item
View Item