Fitria, Fitria (2012) Peningkatan Pengenalan Konsep Bilangan Anak Melalui Permainan Bola Gelinding di Taman Kanak-kanak Kartika 1-12 Padangpanjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_FITRIA_08381_351_2012.pdf [thumbnail of final_B1_9_FITRIA_08381_351_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_FITRIA_08381_351_2012.pdf
Download (157kB)
Abstract
Pembelajaran konsep bilangan merupakan pembelajaran yang sulit bagi anak. Kenyataan yang terjadi di TK Kartika 1-12 Padangpanjang yaitu menunjukan bahwa anak-anak mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan dengan lambang bilangan, yang disebabkan kurangnya media yang digunakan oleh guru sehingga pembelajaran menjadi membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengenalan konsep bilangan anak melalui permainan bola gelinding.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan di TK Kartika 1-12 Padangpanjang dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 17 orang, yang terdiri dari 8 orang anak lali-laki dan 9 orang anak perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksankan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa format observasi, wawancara dan dokumentasi kegiatan anak, selanjutnya data diolah dengan tekhnik persentase.
Hasil pelaksanaan siklus 1 adalah pengenalan konsep bilangan anak umumnya masih rendah, indikator yang belum tercapai adalah membilang/ menyebut urutan bilangan , membilang ( mengenal konsep bilangan dengan benda-benda). Pada siklus I persentase rata-rata yang diperoleh anak belum mencapai kriteria ketuntasan minimal namun pada siklus II terjadi peningkatan dan sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal. Hal ini menunjukan bahwa dari keseluruhan anak TK Kartika 1-12 Padangpanjang sudah terjadi peningkatan pengenalan konsep bilangan anak.
Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa pengenalan konsep bilangan anak TK Kartika 1-12 Padangpanjang meningkat, dan permainan bola gelinding dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan pengenalan konsep bilangan anak usia dini
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep bilangan anak usia dini, permainan bola gelinding, pembelajaran matematika di TK, penelitian tindakan kelas. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 05:22 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 05:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23324 |