Peningkatan Bahasa Anak Melalui Permainan Kantong Gambar di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Polri Padangpanjang

Yenni, Fitri (2012) Peningkatan Bahasa Anak Melalui Permainan Kantong Gambar di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari Polri Padangpanjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_FITRI_YENNI_08382_346_2012.pdf] Text
final_B1_9_FITRI_YENNI_08382_346_2012.pdf

Download (158kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa merupakan pembelajaran yang sulit bagi anak terutama pada kelompok B1 Taman Kanak-kanak Bhayangkari Polri Padangpanjang dalam kegiatan bercerita dengan gambar kemampuan anak masih rendah. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk peningkatan bahasa anak terhadap pemahaman bahasa dalam bercerita dengan gambar yang disediakan dengan urut dan bahasa yang jelas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian murid Taman Kanak-kanak Bhayangkari Polri padangPanjang kelompok B1 dengan jumlah murid 16 orang. 6 orang perempuan dan 10 laki-laki pada tahun ajaran 2011/2012. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan format hasil penelitian anak. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian di setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak dari siklus I yang terlihat masih kurang dilanjutkan pada siklus II perkembangan bahasa anak menjadi lebih baik dan meningkat serta menunjukkan hasil yang positif. Kecendrungan peningkatan terbesar dicapai dalam kemauan anak bercerita dalam permainan kantong gambar di Taman Kanak-kanak Bhayangkari PadangPanjang.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa dengan menggunakan permainan kantong gambar dapat terjadi peningkatan bahasa anak di Taman Kanak-kanak Bhayangkari Polri Padang Panjang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbahasa anak usia dini, permainan kantong gambar, peningkatan bahasa anak, bercerita dengan media gambar, penelitian tindakan kelas.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PZ Children's literature
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 02 Sep 2025 05:22
Last Modified: 02 Sep 2025 05:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23322

Actions (login required)

View Item
View Item