Maryeni. S, Sri (2014) Pengaruh Penggunaan Media Komik Berwarna Berbasis Contextual Learning (CL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Pada Materi Senyawa Karbon. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_SRI_MARYENI_S_86339_3605_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_SRI_MARYENI_S_86339_3605_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_SRI_MARYENI_S_86339_3605_2014.pdf
Download (747kB)
Abstract
Materi senyawa karbon merupakan materi pembuka untuk mempelajarihidrokarbon beserta turunannya dan minyak bumi. Materi senyawa karbon inidiajarkan pada semester 2. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dipengaruhi olehbeberapa hal, salah satu diantaranya adalah kurangnya minat dan motivasi siswauntuk belajar atau mengulangi materi yang telah diajarkan. Penelitian inibertujuan untuk mengungkapkan hasil belajar siswa dengan menggunakan mediakomik berwarna berbasis Contextual Learning (CL) dibandingkan hasil belajarkimia siswa tanpa menggunakan media komik pada materi senyawa karbon diSMA Nurul Ikhlas.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakanrancanagan penelitian Randomize Control-Group Only Design. Penilitiandilakukan di kelas X SMA Nurul Ikhlas tahun ajaran 2011/2012. Pengambilansampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, dan didapat kelas Xpa2sebagai kelas kontrol dan kelas Xpi1 sebagai kelas eksperimen.Data yang diperoleh dari penelitian adalah hasil belajar siswa kelaseksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif yang dilihat dari nilai tes akhir.Analisis data hasil belajar kognitif diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelaskontrol 69,71 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 73,85. Melalui ujihipotesis menggunakan uji t diperoleh harga thitung = 2,23 dan harga ttabel = 1,71pada α=0,05, dengan demikian thitung > ttabel, artinya hasil belajar siswa kelaseksperimen berbeda secara signifikan daripada hasil belajar siswa kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEDIA KOMIK, CONTEXTUAL LEARNING, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 01:46 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 01:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23301 |