Hartati, Sri (2012) Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Education Games Air dan Pasir di TK Pertiwi II Sapan Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_SRI_HARTATI_10128_2853_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_SRI_HARTATI_10128_2853_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_SRI_HARTATI_10128_2853_2012.pdf
Download (156kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang meningkatnya kreativitas anakdalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Anak seperti kurang tertarik oleheducation games yang pernah diberikan oleh guru.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajaranak usia dini di TK Pertiwi II Sapan Kota Sawahlunto. Subjek penelitian adalahkelompok B.2 TK Pertiwi II Sapan Kota Sawahlunto yang berjumlah 16 orang,terdiri dari 6 orang laki-laki dan 10 orang perempuan.Metodologi penelitian yang peneliti lakukan adalah metode observasi danwawancara dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian inimenggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di TK PertiwiII Sapan Kota Sawahlunto. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didapat darihasil observasi dan wawancara anak selama melakukan kegiatan dalam educationgames yang dianalis dengan teknik persentase.Manfaat dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk membantupeningkatan kreativitas anak, meningkatkan tekhnik variasi dalam proses belajarmengajar, mendorong anak mengembangkan kreativitasnya melalui permainan,dan meningkatkan kualitas Taman Kanak-kanak.Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dansiklus II. Hasil rata-rata persentase dalam peningkatan kemampuan kreativitasanak dalam mengikuti education games air dan pasir, kemampuan kreativitas awalanak sebelum tindakan sangat rendah, tidak ada anak yang mampu berkreativitasdengan nilai sangat tinggi. Pada siklus I pertemuan pertama terjadi peningkatankreativitas anak, begitu seterusnya ada peningkatan kemampuan kreativitas padaanak dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua, dan pertemuan ketiga. Karenapada siklus I belum mencapai KKM, maka penelitian dilanjutkan ke siklus II.Siklus II kembali terjadi peningkatan kemampuan kreativitas anak daripertemuan pertama ke pertemuan kedua. Pada pertemuan kedua siklus II anaktelah mencapai peningkatan kreativitas dengan nilai sangat tinggi dan tinggimemenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), maka dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa education games air dan pasir dapat meningkatkan kreativitasanak usia dini di TK Pertiwi II Sapan Kota Sawahlunto.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KREATIVITAS ANAK USIA DINI, EDUCATION GAMES |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education S Sport |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 09:31 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 09:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23291 |