Pengaruh Penerapan Strategi Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Materi Hidrolisis Garam Kelas XI di SMA Negeri 3 Bukittinggi.

Sisriyani, Sonia (2013) Pengaruh Penerapan Strategi Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Materi Hidrolisis Garam Kelas XI di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SONIA_SISRIYANI_96950_3107_2013 .pdf] Text
final_B1_7_SONIA_SISRIYANI_96950_3107_2013 .pdf

Download (356kB)

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher center) kurang menarikbagi siswa dan menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Rendahnya hasilbelajar siswa disebabkan siswa cendrung bersifat pasif dan kurang maumelibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu strategipembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalambelajar ialah tipe pembelajaran aktif Learning Starts With A Question (LSQ).Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan strategi LSQterhadap hasil belajar kimia siswa pada pembelajaran Hidrolisis Garam kelas XIdi SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimendengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design.Populasi penelitian ini ialah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bukittinggiyang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian diambil darianggota populasi, pengambilannya menggunakan teknik Random Sampling, dandiperoleh kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA5 sebagai kelaskontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes diakhir penelitian.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kelas yang menggunakan strategi LearningStarts With A Question (LSQ) memiliki nilai rata-rata adalah (79,70) sedangkankelas yang menggunakan pembelajaran konvensional (71,85). Setelah dilakukanuji-t pada taraf kepercayaan 0,05 didapatkan thitung = 2,06 dan ttabel =1,67 artinyathitung > ttabel. Berarti hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakanstrategi pembelajaran aktif tipe LSQ lebih tinggi secara signifikan dari kelaskontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi hidrolisisgaram kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bukittinggi.Keywords: active learning and LSQ

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI LEARNING, HASIL BELAJAR, HIDROLISIS GARAM
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:00
Last Modified: 01 Sep 2025 07:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23279

Actions (login required)

View Item
View Item