Ermawati, S (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas VI SDN 31 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ERMAWATI_S_58296_58296_1870_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_ERMAWATI_S_58296_58296_1870_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ERMAWATI_S_58296_58296_1870_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini
berawal dari kenyataan di SD bahwa dalam proses
pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru
sering mengajar dengan
menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa tidak aktif
dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan
mendapat informasi tentang pembelajaran IPS dengan menggunakan model
Quantum Teaching.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas . Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 31 VII Koto Sungai Sarik.
Penelitian ini dilaksanakan dua siklus . Masing-masing siklus terdiri dari 2 kali
pertemuan.Setiap siklus dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan menggunakan
model Quantum Teaching dapat diketahui bahwa hasil perencanaan siklus I
Pertemuan Idengan.persentase 78%,
pertemuan II naik 81% .Siklus II
pertemuan I kemampuan guru dalam merancang pembelajaran dengan
persentase 90%, pertemuan II mencapai tingkat persentase 97% . Pada siklus I
pertemuan I
pelaksanaan kegiatan guru 75%, pertemuan II 88%. Siklus II
pertemuan I pelaksanaan kegiatan guru 94%, pertemuan II 97%. Sedangkan
pelaksanaan kegiatan siswa pada siklus I pertemuan I 75%, pertemuan II 84%.
Siklus II pertemuan I pelaksanaan kegiatan siswa 94%. Siklus II 97%. Dari
ketuntasan hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan 39%
.Setelah
diadakan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 65% dan siklus II
pertemuan I 83%, pertemuan II memperlihatkan hasil yang
lebih baik lagi
yaitu 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas
melalui model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa di
kelas VI SDN 31 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 06:59 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 06:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23270 |