Dewita,, Erna (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas IV SD Negeri 35 Pasar Durian Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ERNA_DEWITA_52428_4218_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ERNA_DEWITA_52428_4218_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ERNA_DEWITA_52428_4218_2012.pdf
Download (572kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan dilapangan bahwa pembelajaran
yang dilaksanakan dilapangan yang dilaksanakan oleh guru sering menggunakan
model pembelajaran konvensional dimana guru selalu menjadi pusat pembelajaran
(teaching centred) sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang
diharapkan,oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan model
pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together yang menjadikan siswa
pusat pembelajaran itu sendiri (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk
memperbaiki proses pembelajaran IPS di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar IPS di kelas IV SDN 35 Pasar Durian Kecamatan Lubuk Basung
Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah PTK (classroom action) pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model
pembelajaran cooperative tipe NHT merupakan model pembelajaran yang
menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan 4/5 orang siswa
dan setiap siswa mempunyai nomor yang berbeda. Model pembelajaran ini
dilakukan melalui empat langkah mulai dari penomoran (numbering), pengajuan
pertanyaan (questioning), berikir bersama (head together), dan pemberian
jawaban (answering).
Dari hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran Cooperative Tipe Number Head Together dapat meningkatkan hasil
belajar IPS siswa di kelas IV SDN 35 Pasar Durian Kecamatan Lubuk Basung
Kabupaten Agam. Hasil penilaian penelitian menunjukkan rata-rata ketercapaian
yang diperoleh guru dalam penyusunan RPP pada siklus I 75%, dan di siklus II
96%, sedangkan aktivitas guru pada siklus I diperoleh 75%, dan siklus II 94%.
Penilaian aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 72% dan pada siklus II diperoleh
94%. Dan hasil belajar siswa dalam tiga aspek pada siklus I pertemuan I diperoleh
72% sdan pertemuan II 80%,sedangkan pada silus II diperoleh 88%. Dengan
demikian dapat disimpulkan pada PTK melalui model pembelajaran Cooperative
tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 06:58 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 06:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23266 |