Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Metode Inkuiri Siswa Kelas IV SDN 14 Talago Gunung Kota Sawahlunto

Djaswati,, Erni (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Metode Inkuiri Siswa Kelas IV SDN 14 Talago Gunung Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ERNI_DJASWATI_95572_158_2016.pdf] Text
final_B1_6_ERNI_DJASWATI_95572_158_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa
Kelas IV SDN 14 Talago Gunung Kota Sawahlunto, masih belum maksimal. Hal
ini disebabkan karena guru mengajarkan pembelajaran tematik terpadu masih
dengan cara konvensional, pembelajaran terfokus pada guru sehingga siswa tidak
aktif
menemukan konsep pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan tentang Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu
dengan Metode Inkuiri Siswa Kelas IV SDN 14 Talago Gunung Kota Sawahlunto.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua
siklus tiga kali pertemuan yang terdiri dari kegiatan perencanan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Subjek penelitian adalah
guru dan siswa kelas IV SDN 14 Talago Gunung Kota Sawahlunto. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan lembar penialaian.
Hasil penelitian siklus I penilaian terhadap RPP 80 (baik) meningkat pada
siklus II menjadi 98 (sangat baik), pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I
81(baik) meningkat pada siklus II menjadi 96 (sangat baik), pelaksanaan penilaian
aspek siswa siklus I 72 (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 92 (sangat baik).
Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan Proses Pembelajaran
Tematik Terpadu dengan Metode Inkuiri Siswa Kelas IV SDN 14 Talago Gunung
Kota Sawahlunto dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 01 Sep 2025 06:40
Last Modified: 01 Sep 2025 06:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23264

Actions (login required)

View Item
View Item