Aisyah, Siti (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Stoikiometri di Kelas X SMAN 2 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_SITI_AISYAH_12803_1183_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_SITI_AISYAH_12803_1183_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_SITI_AISYAH_12803_1183_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kendala siswa dalam memahami materi stoikiometri adalah kurangnyaaktifitas siswa terhadap materi yang diajarkan karena kurang bervariasinya modelpembelajaran di kelas. Selain itu, interaksi antar siswa belum banyak terjadi, halitu terlihat dari siswa mengerjakan latihan masih secara individu. Salah satuupaya untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan menerapkan suatu modelpembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) yang dapatmeningkatkan aktivitas siswa sehingga siswa dapat menjadi aktif dan bersemangatselama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkanpenerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization(TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkanpembelajaran konvensional dalam materi stoikiometri di kelas X SMAN 2Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancanganpenelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalahsemua siswa kelas X yang terdaftar pada semester I tahun ajaran 2012/2013 diSMA N 2 Sawahlunto. Sampel penelitian diambil dari anggota populasi,pengambilannya menggunakan teknik random sampling. Setelah didapatkan duakelas sampel, penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan carapengundian dan diperoleh kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XDsebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yangmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team AssistedIndividualization (TAI) memiliki nilai rata-rata 76,667, sedangkan kelas yangmenggunakan pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 66,25. Hasil ujinormalitas dan homogenitas dari hasil tes objektif kedua kelas sampel diperolehbahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yanghomogen. Maka uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Setelah dilakukan uji tdapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipeTeam Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswasecara signifikan dibandingkan pembelajaran konvensional pada materistoikiometri kelas X di SMA N 2 Sawahlunto.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE, HASIL BELAJAR, STOIKIOMETRI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 02:00 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 02:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23258 |