Korelasi Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sijunjung

Novianti, Endang Almi (2018) Korelasi Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ENDANG_ALMI_NOVIANTI_54070_1320_2018.pdf] Text
B1_03_ENDANG_ALMI_NOVIANTI_54070_1320_2018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis di SMA Negeri 2 Sijunjung tentang kurang baiknya kompetensi pedagogik guru dalam mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Guru mengabaikan aspek-aspek mengenai dasar-dasar mengajar sehingga siswa tidak aktif, seperti dalam mengajar guru hanya menggunakan satu metode saja sehingga siswa bosan, guru sudah jarang sekali menggunakan alat bantu pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, situasi dan lingkungan, padahal itu sangat membantu siswa terhadap pemahamannya pada suatu pembelajaran, guru menggunakan bahasa daerah dalam proses pembelajaran. Seharusnya terlebih dahulu guru merumuskan tujuan dalam suatu pembelajaran, tapi kenyataannya guru langsung saja ke topik atau inti dari suatu pembelajaran. Lebih lanjut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui korelasi persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sijunjung.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Sijunjung yang berjumlah 108 orang, sampel penelitian diambil sebanyak 52 orang dari jumlah populasi yang ditarik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data adalah angket dengan model skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah apakah terdapat korelasi yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sijunjung Selanjutnya, data diolah dengan bantuan program SPSS 16.0.
Korelasi antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar Bahasa Indonesia berada pada kategori hubungan yang cukup tinggi (terletak antara 0,400 - 0,599). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sijunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 29 Aug 2025 09:53
Last Modified: 29 Aug 2025 09:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23221

Actions (login required)

View Item
View Item