Peningkatan Keterampilan Meronce dengan Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV SD Negeri 25 Purus Kecamatan Padang Barat Kota Padang

Hariyanti, Erni (2012) Peningkatan Keterampilan Meronce dengan Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV SD Negeri 25 Purus Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ERNI_HARIYANTI_95526_2358_2012.pdf] Text
final_B1_6_ERNI_HARIYANTI_95526_2358_2012.pdf

Download (890kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses
pembelajaran di tempat peneliti mengajar SD 25 Purus Kecamatan Padang Barat
ditemukan di lapangan keterampilan meronce siswa masih rendah. Permasalahan
yang timbul diakibatkan kurang tepatnya guru dalam memilih dan menggunakan
pendekatan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran kurang terstruktur
dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
meningkatkan keterampilan siswa dalam meronce dengan menggunakan metide
eksperimen pada kelas IV SD. Pengunaan metode eksperimen merupakan salah
satu cara untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran keterampilan
meronce.
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas
(classroom ection research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Rancangan penelitian ini meliputi: perencanaan tindakan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai
praktisi yang berkolaborasi dengan teman sejawat sebagai pengamat. Data
dikumpulkan dengan menggunakan lembaran observasi. Data yang diperoleh
dalam penelitian ini, dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan
kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen
efektif dalam meningkatkan keterampilan meronce pada siswa kelas IV SD. Pada
penilaian RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 71,71, sedangkan pada siklus II
diperoleh nilai rata-rata 92, 81. Penilaian pada aspek guru siklus I diperoleh nilai
rata_rata 70, aspek siswa diperoleh nilai rata-rata 67,85. Penilaian aspek guru
pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 90, aspek siswa diperoleh nilai rata-rata
87,5. Siklus I nilai rekapitulasi penilaian proses dan hasil adalah 66, 02. Pada
siklus II rekapitulasi nilai proses dan hasil adalah 85,5. Peningkatan keterampilan
meronce pada siswa dapat meningkatkan nilai proses dan nilai hasil keterampilan
meronce.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 29 Aug 2025 08:05
Last Modified: 29 Aug 2025 08:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23195

Actions (login required)

View Item
View Item