Febriyani, Febi (2012) Peningkatan Bahasa Inggris Anak Melalui Permainan Tebak Kata Berbahasa Inggris dengan Strategi Spelling Words di RA Ikhlas Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_FEBI_FEBRIANI_93947_2398_2012.pdf [thumbnail of final_B1_9_FEBI_FEBRIANI_93947_2398_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_FEBI_FEBRIANI_93947_2398_2012.pdf
Download (312kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelompok B RA Ikhlas Gunung Pangilun Padang, pada kondisi awal sebelum penelitian dilakukan, kemampuan bahasa anak kelompok B RA Ikhlas Gunung Pangilun Padang masih rendah. Hal ini terlihat sebagian besar anak dikelas mengalami kesulitan dalam menebak dan mengingat kata-kata berbahasa Inggris. Ketika diadakan kegiatan pembelajaran menebak kata dalam bahasa Inggris, umumnya anak hanya bisa mengucapkan kata itu saja tapi tidak mengetahui arti dari kata tersebut. Berdasarkan batasan masalah yang telah di uraikan terlihat masih rendahnya kemampuan berbahasa Inggris anak, maka dapat dirumuskan permasalahan yaitu Apakah melaui permainan tebak kata berbahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di RA Ikhlas Padang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research SCAR). Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan ini dilaksanakan dalam 2 (dua) putaran (siklus), yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Subjek penlitian ini adalah murid di RA Ikhlas Padang Kelompok B Tahun Ajaran 2011/2012, pada kelompok B dengan jumlah murid 36 orang anak yang terdiri dari 19 orang anak laki-laki dan 17 orang anak perempuan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan Observasi yaitu data yang didapat dari kegiatan anak yang diawali selama proses belajar berlangsung dilakukan melalui observasi dan hasilnya ditulis dalam 1 lembaran observasi dan SKH, dan melakukan Wawancara yaitu dilakukan untuk tanggapan keaktifan anak terhadap kegiatan setelah pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan keterangan diatas, terjadinya peningkatan bahasa anak melalui permainan edukatif tebak kata berbahasa Inggris di RA Ikhlas Padang melalui pada siklus I dan siklus II terjadi karena guru menyediakan media pengajaran yang menarik dalam pembelajaran, yaitu huruf-huruf magnetik yang bervariasi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa melalui permainan edukatif tebak kata berbahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitif anak
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan tebak kata, kemampuan bahasa anak, bahasa Inggris anak usia dini, penelitian tindakan kelas, media edukatif TK. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 08:05 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 08:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23194 |