Pengembangan Computer Based Testing Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Padang

Afifah, Elsa Nur (2020) Pengembangan Computer Based Testing Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ELSA_NUR_AFIFAH_15004055_2627_2020.pdf] Text
B1_03_ELSA_NUR_AFIFAH_15004055_2627_2020.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pengembangan Computer Based Testing pada mata kuliah Dasar-Dasar
Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Padang bertujuan untuk menyediakan alat
evaluasi berbasis teknologi yang dapat digunakan dosen dan mahasiswa sebagai
alat evaluasi yang sesuai dengan kelayakan materi, evaluasi, dan produk serta
valid dan praktis digunakan pada mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Pendidikan.
Dalam pelaksanaan evaluasi pada mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Pendidikan
ditemukan masalah diantaranya, pelaksanaan evaluasi masih konvensional,
pemeriksaan evaluasi membutuhkan waktu yang lama sehingga hasil dari evaluasi
tidak langsung dapat diketahui oleh mahasiswa. Oleh karena itu, agar efisien
dosen dapat menggunakan alat bantu untuk penilaian seperti Computer Based
Testing sehingga dapat mempermudah dosen dalam proses evaluasi pembelajaran
pada mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Pendidikan.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Reseacrh and
Development (R&D). Uji validitas produk dilakukan oleh 4 orang validator
dengan satu orang validator ahli materi, satu orang ahli evaluasi, dan dua orang
ahli sistem informasi. Uji coba praktikalitas produk dilakukan kepada mahasiswa
dari berbagai Jurusan dan Fakultas di Universitas Negeri Padang yang mengikuti
mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan tahun masuk 2019 dengan jumlah 40
orang dengan mengisi angket.
Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari validator materi, validator
evaluasi dan validator ahli sistem informasi, diperoleh hasill validasi materi
sebesar 4,77 dengan persentase 95,4% dikategorikan “sangat baik atau sangat
valid”, hasil validasi evaluasi diperoleh sebesar 4,705 dengan persentase 94,1%
dan validitas dari produk diperoleh rata-rata sebesar 4,72 dengan persentase
94,4% dikategorikan “sangat baik atau sangat valid”. Hasil uji praktikalitas
memperoleh rata-rata sebesar 4,32 dikategorikan “sangat praktis”.Berdasarkan
hasil validitas, dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa CBT yang
dikembangkan valid, dan praktis digunakan dalam pembelajaran mata kuliah
Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 29 Aug 2025 08:05
Last Modified: 29 Aug 2025 08:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23191

Actions (login required)

View Item
View Item