Pengaruh Pengalaman, Keamanan dan Word of Mouth Terhadap Kepercayaan Konsumen Online Shopping: Studi pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang

Adyanugrah, Rezko (2014) Pengaruh Pengalaman, Keamanan dan Word of Mouth Terhadap Kepercayaan Konsumen Online Shopping: Studi pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_REZKO_ADYANUGRAH_17826_5113_2014.pdf] Text
final_B1_7_REZKO_ADYANUGRAH_17826_5113_2014.pdf

Download (742kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, dan membuktikan seberapabesar pengaruh pengalaman, keamanan dan word of mouth terhadap kepercayaankonsumen online shopping studi pada mahasiswa Universitas Negeri Padang.Jenis penelitian ini adalah kausatif, dimana penelitian ini menggambarkandan menganalisis pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya ataubagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Populasi dalampenelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Negeri Padang yang pernah danbelum pernah melakukan online shopping. Sedangkan sampelnya diambil denganmenggunakan rumus Cochran’s dengan jumlah 100 responden. Teknikpengambilan sampel dilakukan berdasarkan Accidental Sampling. Jenis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Teknikanalisis data menggunakan analisis deskriptif dan induktif melalui analisis linearberganda dengan menggunakan program SPSS versi 16.00.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengalaman berpengaruhpositif dan signifikanterhadap kepercayaan konsumen online shoppingdengan sig0,003 < 0,05, 2) keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadapkepercayaan konsumen online shopping dengan sig 0,029 < 0,05, 3) word ofmouth berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepercayaan konsumenonline shopping dengan sig 0,769 > 0,05.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka disarankankepada pihak online shop untuk dapat meningkatkan kualitas dan keamanandalam melakukan transaksi dan juga mengelola testimonial dari konsumen denganbaik agar konsumen percaya terhadap online shopping tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KONSUMEN ONLINE, MANAJEMEN
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 26 Aug 2025 09:35
Last Modified: 26 Aug 2025 09:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22792

Actions (login required)

View Item
View Item