Yenti, Deni Riska (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Kata Magnetik di RA Ababil Maek. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_DENI_RISKA_YENTI_58513_2384_2012.pdf [thumbnail of final_B1_9_DENI_RISKA_YENTI_58513_2384_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_DENI_RISKA_YENTI_58513_2384_2012.pdf
Download (260kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelas B1 di RA Ababil Maek, dalam kenyataan yang peneliti lihat bahwa kemampuan membaca anak masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan kata magnetik di kelas B1 RA Ababil Maek.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak kelas B1 RA Ababil Maek tahun pelajaran 2011/ 2012 sebanyak 16 orang yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan diolah melalui teknik persentase. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan tiga kali pertemuan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase kemampuan anak dalam peningkatan kemampuan membaca melalui permainan kata magnetik dengan anak kategori sangat tinggi sebelum tindakan masih sangat rendah, pada siklus I kemampuan membaca anak meningkat, sedangkan pada siklus II kemampuan membaca anak meningkat lagi. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sampai dilakukan siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa permainan kata magnetik dapat meningkatkan kemampuan membaca anak
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca anak, permainan kata magnetik, anak usia dini, penelitian tindakan kelas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 08:35 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 08:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22614 |