Wijayanthi, Fajar (2014) Peningkatan Keterampilan Memainkan Rekorder dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung pada Siswa Kelas IV SDN 01 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FAJAR_WIJAYANTHI_54317_5252_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_FAJAR_WIJAYANTHI_54317_5252_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FAJAR_WIJAYANTHI_54317_5252_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang belum
terlaksana secara maksimal, dimana guru belum mendemonstrasikan teknik
memainkan rekorder, guru belum memberikan pengalaman bermusik secara
langsung kepada siswa, dan belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk
melatih keterampilan memainkan rekorder tersebut. Tujuan peelitian ini untuk
mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil keterampilan siswa dalam
memainkan rekorder dengan menggunakan model pembelajaran langsung.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan
siswa sebanyak 24 orang. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang
data proses dan hasil. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan
pembelajaran memainkan rekorder dengan menggunakan model pembelajaran
langsung.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) Perencanaan, siklus I
adalah 89,2% meningkat menjadi 96,4% pada siklus II, b) Pelaksanaan, pada
aspek guru dan siswa siklus I 77,2%, dan meningkat menjadi 93% siklus II, c)
Penilaian keterampilan siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 72 pada penilaian
proser dan 71 pada penilaian hasil. Meningkat pada siklus II menjadi 81 penilaian
proses dan 82 pada penilaian hasil. Hal tersebut menunjukkan bahwa model
pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan memainkan rekorder
siswa kelas IV Sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 05:14 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 05:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22563 |