Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita tentang KPK dan FPB dengan Langkah-langkah Polya bagi Siswa Kelas V SD Negeri 09 Air Pacah Koto Tangah Kota Padang

Andriani, Nova (2013) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita tentang KPK dan FPB dengan Langkah-langkah Polya bagi Siswa Kelas V SD Negeri 09 Air Pacah Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NOVA_ANDRIANI_56840_2454_2013.pdf] Text
final_B1_6_NOVA_ANDRIANI_56840_2454_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di SDN 09Air Pacah Kec. Koto Tangah Kota Padang, pembelajaran soal cerita tentang KPK dan FPB selama ini masih didominasi oleh guru, siswa jarang diberi kesempatan untuk menemukan dan mengembangkan sendiri permasalahan yang ditemukan. Akibatnya minat dan hasil belajar siswa menurun. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran soal cerita tentang KPK dan FPB dengan langkah-langkah Polya bagi Siswa kelas V SDN 09Air Pacah Kec. Koto Tangah Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Yang menjadi subyek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa dan guru Kelas V SDN 09 Air Pacah Kec. Koto Tangah Kota Padang serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes (tes awal dan tes akhir tindakan) dan observasi.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan hasil belajar soal cerita tentang KPK dan FPB. Dalam menyusun RPP pada siklus sebesar 86% dan pada siklus II 89% . Untuk aktivitas guru dan siswa pada siklus I sebesar 83% dan 81%. Pada siklus II 87% dan 84%. Penilaian hasil belajar untuk siklus I dengan rata-rata 68 . Sedangkan pada siklus dengan rata-rata II 78. Hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran soal cerita tentang KPK dan FPB. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan langkah-langkah polya dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita tentang KPK dan FPB siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Langkah-langkah Polya,KPK dan FPB,Hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zul Fikri Haikal
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:55
Last Modified: 25 Aug 2025 03:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22559

Actions (login required)

View Item
View Item