Fajarwati, Fajarwati (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share di Kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FAJARWATI_1209059_5687_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_FAJARWATI_1209059_5687_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FAJARWATI_1209059_5687_2016.pdf
Download (912kB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang bersifat pasif
(mendengarkan apa yang disampaikan guru). Guru dalam pembelajaran IPS pada
umumnya masih mengajar secara teacher center. Hal ini menyebabkan siswa
lebih banyak menjadi pendengar pada saat pembelajaran berlangsung, disamping
itu minat dan hasil belajar siswa menurun. Penelitian ini bertujuan untuk
mendiskripsikan pembelajaran IPS dengan pembelajaran kooperatif tipe Think
Pair and Share (TPS) pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Penelitian terdiri dua siklus yaitu siklus I dua kali
pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa
observasi dan tes. Penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)
pengamatan, (4) refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD
Negeri 01 Bandar Buat yang berjumlah 36 orang.
Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar
siswa mengalami peningkatan. Penilaian RPP siklus I 79% kualifikasi baik, pada
siklus II 93% kualifikasi sangat baik. Penilaian pelaksanaan dari aktivitas guru
pada siklus I 75% kualifikasi cukup, pada siklus II 93% kualifikasi sangat baik.
Aktivitas siswa pada siklus I 71% kualifikasi cukup, pada siklus II 93%
kualifikasi sangat baik. Penilaian hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I
74% kualifikasi cukup, pada siklus I pertemuan II 80% kualifikasi baik sedangkan
pada siklus II pertemuan I 87% kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran
Kooperatif tipe Think Pair and share dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:55 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 03:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22558 |