Anshari, Fajlul (2014) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-sifat Bangun Ruang dengan Model Group Investigation di Kelas V SD Negeri 25 Air Tawar Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FAJLUL_ANSHARI_18064_4166_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_FAJLUL_ANSHARI_18064_4166_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FAJLUL_ANSHARI_18064_4166_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi karena dalam pembelajaran matematika pada
materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SD Negeri 25 Air
Tawar Selatan Kota Padang guru belum mengajak siswa untuk melakukan
penyelidikan dalam mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang, guru tidak
melibatkan siswa dalam merencanakan penyelidikan, dan belum mengajak siswa
dalam menemukan konsep sifat-sifat bangun ruang tersebut sehingga rendahnya
hasil belajar yang diperoleh siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar sifat-sifat
bangun ruang dengan model group investigation di kelas V SD Negeri 25 Air
Tawar Selatan Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan pendekatan
kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas V dengan
jumlah siswa 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan II siklus. Siklus I dilaksanakan
dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan. Penelitian ini
terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi,
dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II,
perencanaan pembelajaran memperoleh rata-rata nilai dari 75% (B) menjadi
89,28% (SB). Aktivitas guru memperoleh rata-rata 70,83% (B) menjadi 95,83%
(SB), aktivitas siswa dari 72,91% (B) menjadi 95,83% (SB), serta hasil belajar
siswa pada aspek kognitif siklus I memperoleh rata-rata nilai 71,19 mengalami
peningkatan menjadi 87,38. Pada aspek afektif siklus I memperoleh rata-rata nilai
73,81 mengalami peningkatan menjadi 83,33. Sedangkan untuk aspek psikomotor
pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 72,82 mengalami peningkatan menjadi
83,73. Dengan demikian dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas dengan
model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar sifat-sifat bangun
ruang di kelas V SD Negeri 25 Air Tawar Selatan Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:54 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 03:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22553 |